Nama: Sherly Anggraeni . Kelas: 3PA10 . NPM: 1A514226 . Tugas 2 . Deadline: 11 Oktober 2016 . Pukul: 21:00
JOB DESCRIPTION PT. ROMAN SHINE
TUGAS MANAGER PRODUKSI
PERUSAHAAN
- Membuat perencanaan dan jadwal proses produksi
- Mengawasi proses produksi agar kualitas, kuantitas dan waktunya sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat
- Bertanggung jawab mengatur manajemen gudang agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan persediaan bahan baku, bahan penolong maupuan produk yang sudah jadi di gudang
- Bertanggung jawab mengatur manajemen alat agar fasilitas produksi berfungsi sebagaimana mestinya dan beroperasi dengan lancar
- Membuat laporan secara berkala mengenai kegiatan di bagiannya
- Bertanggung jawab pada peningkatan ketrampilan dan keahlian karyawan yang berada di bawah tanggung jawabnya
- Memberikan penilaian dan sanksi jika karyawan di bawah tanggung jawabnya melakukan kesalahan dan pelanggaran
- Berinovasi dalam pengerjaan produksi dan memberikan masukan pada perusahaan yang berkaitan dengan bagian produksi
Kriteria Seorang Manager Produksi
Perusahaan
- Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
- Memiliki kemampuan manajerial yang bagus agar dapat menjalankan perusahaan secara efektif dan efisien.
- Memiliki kemampuan teknis dan lapangan
- Berjiwa pemimpin dan dapat dipercaya
- Dapat mengambangkan dan membuat strategi bisnis
- Tegas dan berintegritas tinggi
- Seorang pribadi yang baik dan dapat memotivasi bawahannya
- Jujur, bertanggung jawab dan kreatif serta proaktif
- Dapat bertindak cepat dan memecahkan permasalahan dengan penyelesaian yang tepat
Tugas dan
wewenang seorang manajer pemasaran.
Fungsi:
- Bertanggungjawab atas seluruh kegiatan, kinerja dan prosedur-prosedur yang dipergunakan.
- Bertanggungjawab atas seluruh kinerja, kebijakan dan prosedur-prosedur manajemen pemasaran, penjualan dan promosi hubungannya dengan sistem dan mekanisme perusahaan dan sumber daya manusia pada umumnya.
- Bertanggungjawab atas pengembangan sistem dan mekanisme manajemen pemasaran, penjualan dan promosi secara umum.
- Bertanggungjawab terhadap penelitian dan pengembangan yang berhubungan dengan kualitas keseluruhan kinerja perusahaan.
Tujuan:
- Membuat, merumuskan, menyusun, menetapkan konsep dan rencana umum perusahaan, mengarahkan dan memberikan kebijakan/keputusan atas segala rancang bangun dan implementasi manajemen pemasaran, penjualan dan promosi ke arah pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.
- Mengarahkan karyawan untuk meningkatkan seluruh sumber daya yang ada secara optimal bagi kepentingan perusahaan.
- Memberikan kemampuan profesional secara optimal bagi kepentingan perusahaan.
- Menyusun, mengatur, menganalisis, mengimplementasi dan mengevaluasi manajemen pemasaran, penjualan dan promosi secara bertanggungjawab bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan.
- Melakukan pengawasan dan pengendalian atas seluruh kinerja manajemen pemasaran, penjualan dan promosi bagi kepentingan perusahaan.
- Menciptakan suasana tenang, damai dan enerjik terhadap seluruh aktivitas perusahaan.
- Mengarahkan seluruh karyawan untuk bekerja secara profesional, efisien dan efektif.
- Merealisasikan dan melaksanakan rencana-rencana serta prosedur-prosedur yang diterapkan melalui pendelegasian wewenang pada departemen pemasaran, penjualan dan promosi, yang berada di bawah tanggungjawabnya.
- Membuat laporan kegiatan kepada Direktur Utama setiap 1 (satu) bulan sekali sebagai pertanggungjawaban seluruh aktivitas manajemen pemasaran, penjualan dan promosi.
- Mengadakan pengawasan terhadap seluruh kinerja departemen pemasaran, penjualan dan promosi.
- Menciptakan konsep dasar, kerangka dan prosedur departemental berdasarkan kebutuhan dan konsep yang diajukan oleh departemen pemasaran, penjualan dan promosi.
- Memastikan dan mengawasi aplikasi dari setiap aspek organisasi, penerima motivasi manajemen pemasaran, penjualan dan promosi, menyatu dengan sasaran strategi perusahaan dan memberikan sumbangan terhadap berhasilnya pencapaian sasaran-sasaran.
- Membuat, menyusun dan menetapkan rencana kerja dan pelaporan yang mencakup hal-hal: Bahan-bahan laporan meliputi, Kelengkapan data, Rekapitulasi kerja, Rencana kerja, Evaluasi hasil, Informasi-informasi lain. Prosedur laporan meliputi; Membuat laporan perencanaan untuk melengkapi, menambah dan memper baiki hasil dari suatu data maupun evaluasi, Menyusun suatu laporan berkala, dari bawah ke atas disesuaikan dengan kebutuhan data, Bila dianggap perlu menyusun suatu laporan khusus yang berkaitan dengan kebutuhan mendesak.
- Memelihara sistem pertanggungjawaban guna kepentingan perusahaan.
- Memelihara sistem pertanggungjawaban perusahaan guna kepentingan manajemen pemasaran, penjualan dan promosi dalam pemeriksaan pengeluaran oleh perusahaan.
Kewjiban dan Tanggung Jawab
- Membuat laporan berkala kepada Direktur Utama atas seluruh kinerja manajemen pemasaran, penjualan dan promosi.
- Memberikan hasil yang signifikan terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan.
- Memperhatikan kesejahteraan sosial dan ekonomi karyawan dan keluarganya
- Mengelola keuangan perusahaan secara efektif dan efisien
- Mentaati seluruh kebijakan dan prosedur yang ditetapkan perusahaan
Tugas dan Wewenang Manajer Akuntansi dan Manajer
Keuangan
Tugas:
- Mengkoordinasi perencanaan anggaran di tingkat Sekretariat Eksekutif
- Mengembangkan format-format pengajuan dan pertanggungjawaban keuangan
- Melakukan rekonsialisi keuangan
- Mengkoordinasi pelaksanaan audit
- Melakukan sistem pencatatan keuangan di tingkat Sekretariat
- Membuat laporan secara periodik kepada Sekretaris Eksekutif berdasarkan pertanggungjawaban masing-masing bidang kerjaan
- Melaksankan penyimpanan dokumen penting dan dokumen berharga milik Sekretariat
- Merencanakan dan memelihara system kompensasi bagi kesejahteraan staf sekretariat
- Melakukan rapat kordinasi ditingkat unit kerja atau antar bidang kerja
- Mengembangkan gagasan dan system penggalangan dana untuk kemandirian secretariat.
Wewenang:
- Bertanggung jawab terhadap wakil direktur
- Merencanakan, mengendalikan, dan membuat keputusan atas semua aktivis akuntansi
- Masing-masing cabang memiliki satu manajer akuntansi dan manajer keuangan
- Mengkoordinir, mengatur dan mengawasi kegiatan keuangan di perusahaan
- Menetapkan besarnya anggaran yang dibutuhkan setiap divisi
- Menerima laporan mengenai arus kas yang keluar dari atau masuk ke perusahaan
Tanggung
jawab manajer akuntansi dan manajer keuangan
Tanggung
jawab dari manajer akuntansi adalah :
- Merencanakan strategi akunting perusahaan secara tepat sesuai strategi bisnis perusahaan
- Mengontrol dan mengevaluasi pencatatan neraca R/L dan aktivitas akunting lainnya agar dapat berjalan secara tepat dan akurat
- Mengevaluasi dan menganalisa implementasi sistem akunting untuk memberi masukan terhadap sistem keuangan dan strategi bisnis
- Mengarahkan fungsi dan kinerja unit dan bagian akunting agar dapat berjalan optimal dan meningkatkan kinerja SDM akunting
- Menjalankan tugas-tugas terkait lainnya dalam upaya pencapaian target perusahaan
Tanggung
jawab dari manajer keuangan :
- mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat
- mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu dan sesuai dengan peraturan pemerntah yang berlaku.
- merencanakan dan menkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan.
- merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan dan mengontrol penggunaan anggaran.
- merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi serta mengontrol pelaksanaanya.
- mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan.
- merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan.
Fungsi Manajer Akuntansi dan Manajer Keuangan
Fungsi dari manajer akuntansi dan manajer keuangan adalah membantu Direktur
Keuangan dan Akuntansi dalam memimpin, menerapkan pedoman sistem akuntansi yang
telah ditetapkan agar menghasilkan informasi yang berguna baik bagi manajemen
dalam menjalankan fungsinya maupun diperlukan untuk melaporkan operasi
perusahaan kepada pihak luar serta menjamin terciptanya pengawasan intern
(internal control) perusahaan.
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB HRD
Tugas seorang HRD berhubungan dengan
sumber daya manusia, maka seorang HRD harus memahami tugas dan tanggung
jawabnya. Berikut ini tugas dan tanggung jawab HRD :
- Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.
- Membuat sistem HR yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP, job description, training and development system dll.
- Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan, mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga seleksi.
- Melakukan seleksi, promosi, transfering dan demosi pada karyawan yang dianggap perlu.
- Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan.
- Bertangggung jawab pada hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.
- Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.
- Melakukan tindakan disipliner pada karyawan yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan.
- Memiliki jiwa kepemimpianan yang baik
- Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
- Dapat menterjemahkan strategi perusahaan dalam bentuk kebijakan HR yang tepat.
- Dapat mengelola perubahan-perubahan yang terjadi di perusahaan secara efektif.
- Seorang HRD harus memiliki business knowledge yang baik.
- Seorang HRD harus memiliki kemampuan dapat mempengaruhi dan memahami orang lain.
- Memiliki kemampuan khusus, seperti dapat mengoperasikan alat tes psikologi, memahami undang-undang ketenagakerjaan, sistem penggajian dll.
- Memiliki pengetahuan mengenai prosedur dan proses rekrutmen.
KRITERIA SEORANG HRD (HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT)
- Memiliki jiwa kepemimpianan yang baik
- Memiliki kemampuan
berkomunikasi yang baik
- Dapat
menterjemahkan strategi perusahaan dalam bentuk kebijakan HR yang tepat.
- Dapat mengelola
perubahan-perubahan yang terjadi di perusahaan secara efektif.
- Seorang HRD harus
memiliki business knowledge yang baik.
- Seorang HRD harus
memiliki kemampuan dapat mempengaruhi dan memahami orang lain.
- Memiliki kemampuan
khusus, seperti dapat mengoperasikan alat tes psikologi, memahami
undang-undang ketenagakerjaan, sistem penggajian dll.
- Memiliki
pengetahuan mengenai prosedur dan proses rekrutmen.
Apakah struktur organisasi tersebut signifikan atau tidak bagi "HUMAM RESOURCES DEPT." jika signifikan atau tidak berikan analisa dan penjelasannya
BalasHapusTerimakasih 😊