Sabtu, 03 Desember 2016

PSIKOLOGI MANAJEMEN

Nama: Sherly Anggraeni. Kelas: 3PA10. NPM: 1A514226. Tugas:2. Deadline: 6 Desember 2016. Pukul: 12 Malam.


PT. SUNDANG

            Perkembangan dunia bisnis  dalam era ekonomi global saat ini mengalami fase persaingan pasar yang ketat baik dalam hal produk dan jasa maupun pelayanan terhadap konsumen (costumer service). Karyawan bagian pemasaran merupakan agen perusahaan yang memiliki fungsi organisasi dan serangkaian proses mengkomunikasikan dan menyampaikan nilai produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan. Keberhasilan kerja karyawan bagian pemasaran ditentukan oleh seberapa besar pencapaian target yang diperolehnya dalam kurun waktu tertentu. Sehingga karyawan bagian pemasaran dituntut mampu melakukan pemasaran yang maksimal sesuai target yang diberikan oleh pihak perusahaan. Dalam hal ini faktor psikologis sangat berpengaruh terhadap performansi kinerja karyawan bagian pemasaran. Rasa optimasi dan keyakinan diri merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki dalam upayanya meraih target yang maksimal.

            Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membangun rasa optimis terhadap pencapaian target karyawan bagian pemasaran adalah dengan meningkatkan efikasi diri dalam bekerja. Efikasi diri adalah keyakinan tentang sejauh mana individu memperkirakan kemampuannya dalam melaksanakan suatu tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai suatu hasil Bandura (1997). Efikasi diri merupakan hasil proses kognitif berupa keputusan, keyakinan atau pengharapan individu. Bandura menyatakan bahwa efikasi diri dapat tumbuh dan dipelajari melalui empat sumber yaitu pencapaian prestasi, pengalaman orang lain, persuasi verbal, dan kondisi psikologis.

            I. Judul Training
Pelatihan efikasi diri terhadap peningkatan optimisme pencapaian target pada karyawan bagian pemasaran.
          II. Tujuan
Tujuan dari pelatihan efikasi diri adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan kemampuan efikasi diri pada karyawan bagian pemasaran.
2. Dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuan terkait efikasi diri sehingga bisa diterapkan dalam menjalankan aktivitas kerjanya.
3. Memberikan nilai tambah bagi setiap peserta berupa skill meningkatkan efikasi diri mereka di tempat kerja.
4. Melatih karyawan untuk membentuk keyakinan terhadap potensi yang dimilikinya.
5. Karyawan mampu memahami konsep manajemen waktu.
6. Melatih karyawan menerapkan manajemen waktu.
7. Karyawan mampu membentuk persepsi positif dalam menghadapi stimulus yang dihadapinya.
8. Melatih karyawan untuk menerapkan bentuk keyakinan terhadap persepsi positif yang dimilikinya.
          III. Materi Kegiatan
Materi pelatihan adalah sebagai berikut:
1.  Penguasaan keberhasilan pengalaman pribadi.
2.  Eksplorasi pengalaman keberhasilan dari orang lain.
3.  Persuasi verbal dari lingkungan sekitar.
4.  Pembentukan citra diri yang positif.
5.  Manajemen waktu.
         IV. Peserta
Peserta adalah karyawan bagian pemasaran PT. Sundang.
          V. Desain Pelatihan
Desain pelatihan menggunakan sistem indor training. Metode yang digunakan meliputi experience learning, dengan ceramah, simulasi-simulasi, tanya jawab, diskusi, pengisian lembar kerja, dan game.
         VI. Pelatih
Karena materi dan metode penyajian sangat bersifat psikologis, maka pemilihan pelatih adalah pada sarjana psikologi. Pelatihan ini menggunakan satu orang pelatih dan dibantu dua orang pendamping pelatih.
     VII. Waktu
Waktu secara keseluruhan untuk menyelenggarakn pealatihan adalah dua hari.
      VIII. Waktu Pelatihan
Hari / tanggal : Sabtu, 03/12/2016
Waktu             : 08.00-21.30.
Tempat           : Aston Anyer Beach Club.

Jadwal Hari ke-1 Pelatihan Efikasi Diri
Waktu
Acara
Kegiatan / Materi
08.00-08.45
Pembukaan
Sambutan direktur PT. Sundang.
Perkenalan tim pelatihan.
Penjelasan tujuan pelatihan.
Diskusi peraturan selama pelatihan berlangsung.
08.45-09.30
Ice Breaking
Permainan Perkenalan.
Pengetahuan.
Pre test.
09.30-10.00
Coffe Break

10.00-12.00
Materi I
Definisi konsep efikasi diri.
Menggali potensi prestasi diri.
Kebuthan berprestasi sebagai motivasi.
(Ceramah dan penulisan lembar kerja)
12.00-13.00
Ishoma

13.00-15.00
Materi II
Belajar terhadap kesuksesan orang lain.
(Cermah dan tanya jawab)
15.00-16.00
Ishoma

16.00-18.00
Materi III
Dukungan lingkungan.
Komunikasi persuasif.
(Ceramah dan diskusi)
18.00-19.30
Ishoma

19.30-21.00
Penutup
Refleksi dan penguatan diri.
Evaluasi pelaksanaan pelatihan.
21.00-21.30
Penutup
Post Test.


Hari / tanggal  : Minggu, 04-12-2016
Waktu             : 07.30-18.00
Tempat            : Aston Anyer Beach Club.

Jadwal Hari ke-2 Pelatihan Efikasi Diri
Waktu
Acara
Kegiatan / Materi
07.30-08.15
Breakfast

08.15-10.15
Materi I
Pembentukan citra diri.
Pembentukan persepsi positif.
(Ceramah, simulasi, dan penulisan lembar kerja)
10.15-12.00
Game

12.00-13.00
Ishoma

13.00-15.00
Materi II
Manajemen Waktu.
(Ceramah dan penulisan lembar kerja)
15.00-16.00
Ishoma

16.00-17.30
Review
Terminasi dan review materi keseluruhan.
17.30-18.00
Penutup
Post Test.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar